Tutorial Custom Hak Akses Staff

Dengan mengaktifkan add on Hak Akses Karyawan, Anda akan bisa mengatur akses menu pada aplikasi akuntansiku pada karyawan sesuai dengan keinginan.

Contoh:

  • Karyawan X diberi kewenangan dapat melakukan segala aktifitas transaksi dan melihat keseluruhan laporan. Namun tidak bisa mengedit data yang sudah dimasukkan
  • Karyawan Z hanya diberi kewenangan melakukan transaksi namun tidak boleh melihat semua laporan karena terdapat data yang tidak boleh dilihat oleh karyawan

Maka dengan Add On Hak Akses ini: Anda bisa mengatur mana saja menu-menu yang boleh diakses oleh karyawan-karyawan Anda sesuai tugas dan kewenangan yang diberikan

1. Cara Mengaktifkan Add On Custom Hak Akses Staff

Sebelum mengatur custom hak akses pada staff Anda, Anda harus langganan add on terlebih dahulu

Harga dari add on ini adalah Rp1,000 / hari

Langkah langkah mengaktifkan Add on sebagai berikut

1. Pergi ke halaman Langganan di web akuntansiku https://akuntansiku.co.id/account/list_subscriber

2. Pada bagian “Tambah add on” klik centang untuk mengaktifkan langganan add on

*) Tambahkan kuantitas add on sesuai karyawan yang ingin Anda atur hak aksesnya

Contoh:
Anda memiliki 2 karyawan staff pada akuntansiku, kemudian Anda ingin mengatur 1 karyawan saja, maka Anda cukup mengatur kuantitas Add On hanya 1 saja.

3. Lakukan pembayaran hingga terverifikasi dan selesai

2. Cara Atur Add On ke Karyawan yang dipilih

Fitur Add on custom hak akses sifatnya adalah per lisensi, jadi setelah Anda membeli sejumlah lisensi atau jumlah add on maka jumlah itu lah yang dapat di atur ke karyawan

Ikuti langkah langkah berikut untuk atur jumlah lisensi yang telah di beli kemudian nanti akan diterapkan ke karyawan:

1. Pergi ke halaman Karyawan pada menu pengaturan https://akuntansiku.co.id/account/employees

2. Pada halaman karyawan maka akan muncul daftar karyawan pada perusahaan Anda.

Pada di bawah tabel, terdapat informasi jika Anda telah berlangganan Add On dan memiliki lisensi yang belum di terapkan ke karyawan. Silakan klik link tersebut “Klik di sini

Atau pada Pengaturan langsung pilih menu Add On

3. Pada halaman Add on, tertulis Kuota & Jumlah di terapkan, karena Anda baru saja langganan dan belum menerapkan Add on maka jumlah diterapkan ke karyawan masih = 0.

Klik Tombol Pencil / icon pencil untuk mengatur karyawan mana yang akan diterapkan hak akses

4. Pada halaman ini nantinya terdapat daftar karyawan yang telah di daftarkan menjadi add on hak akses, klik Pilih karyawan untuk memilih siapa saja yang ingin diatur hak aksesnya

5. Kemudian akan muncul pop up berisi daftar karyawan yang ada di perusahaan Anda.

Pada kolom sebelah kiri, Anda dapat mencetang karyawan yang ingin di terapkan custom hak akses.

jika sudah klik Tambah

6. Jika sudah, maka custom hak akses berhasil diterapkan ke karyawan Anda

7. Pada halaman karyawan, maka akan ada tanda ” Custom Hak Akses ” yang berarti karyawan tersebut memiliki lisensi Custom Hak Akses

3. Menambah Role Karyawan Baru yang Custom

Setelah menerapkan lisensi add on ke karyawan, Anda harus membuat Role baru yang mengatur akses menu pada halaman akuntansiku

Contoh:

Karyawan X hanya boleh melakukan input transaksi saja, tidak boleh melihat keseluruhan maupun menu-menu lainya karena tugasnya hanya memasukan transaksi & tidak boleh melihat data-data keuangan.

Berikut cara membuat Role baru nya:

1. Kunjungi halaman Karyawan https://akuntansiku.co.id/account/employees .

Kemudian klik Tombol Role Karyawan

2. Pada halaman Role Karyawan, terdapat tombol Tambah Role Custom untuk menambah Role baru sesuai kebutuhan Anda, dalam kasus ini contohnya hanya bisa transaksi. Klik Tambah Role Custom

3. Pada halaman Tambah Role Custom hak akses, Anda bisa mengatur menu menu mana saja yang hanya bisa di buka oleh karyawan anda.

pada tampilan terdapat tab:

  • Dashboard & transaksi
  • Master data
  • Laporan
  • Pengaturan

Tab ini mewakili menu-menu yang ada di website akuntansiku

a. isi nama Role terlebih dahulu. Contoh : Only Transaksi

b. Pada kasus ini karena Anda ingin hanya menu transaksi saja yang terbuka, maka Anda cukup centang Menu Transaksi saja.

Jika ada menu lain yang ingin Anda perbolehkan untuk diakses oleh Karyawan Anda, maka Anda bisa menyesuaikan kembali

c. Jika sudah melakukan penyesuaian Klik Simpan

4. Pada halaman Role Karyawan maka akan muncul daftar baru yang telah Anda tambahakan tadi yaitu ” Only Transaksi”

4. Terapkan Role Custom ke Karyawan

Setelah melakukan penambahan role staff custom baru, langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu menerapkan role baru tersebut ke karyawan Anda yang mempunyai lisensi add on hak akses.

1. Balik ke halaman karyawan, atau kunjungi https://akuntansiku.co.id/account/employees

2. klik icon pencil untuk mengedit karyawan tersebut

3. Pada bagian Role, klik dan ubah dropdown menjadi Role baru yang Anda buat sebelumnya

dalam hal ini sebelumnya namanya “Only Transaksi”

4. Jika sudah, klik simpan untuk menerapkan perubahan.

5. Selamat Karyawan Anda telah diatur dengan Role Custom Hak Akses

Apakah Artikel ini membantu?

Beri rating sekarang